Tips 12 Cara Membedakan Jaket Kulit Asli dan Palsu

Selamat datang di SerbaJaketKulit.com pusatnya jaket kulit murah asli garut. Kali ini kami akan berbagi informasi dan tips menarik seputar jaket kulit asli yang bermanfaat bagi Anda.

Jaket kulit asli adalah jaket yang dibuat menggunakan bahan dasar kulit hewan, umumnya dibuat dari kulit domba, kambing dan sapi. Karena tidak ada dua buah kulit yang memiliki tekstur sama persis, maka jaket berbahan kulit ini menjadi sangat eksklusive dan bernilai tinggi. Jaket kulit asli juga memiliki banyak keunggulan, diantaranya adalah kemampuannya dalam menghangatkan tubuh dikala cuaca dingin dan menjaga kelembaban tubuh agar tetap terasa sejuk saat cuaca panas. Saat ini leather jacket telah menjadi atribut fashion yang mewah dan modis.

Gambar Jaket Kulit Yang Asli
Gambar Jaket Kulit Asli

Seiring kemajuan industri, mulai banyak berbagai bahan yang sangat mirip dan menyerupai dengan kulit asli dipasaran, seperti kalep atau vinyl. Saat ini material kulit buatan pabrik atau sintetis ini bahkan mulai susah untuk dibedakan dengan aslinya. Saking miripnya beberapa bahakan cukup sulit dibedakan hanya dari visualnya saja oleh pengerajin kulit berpengalaman sekalipun. Hal ini sebenarnya tidak menjadi masalah, selama tidak ada yang mengklaim bahan kulit sintetis/imitasi ini sebagai bahan kulit asli/original. Tapi bagaimana dengan oknum yang nakal?

Sebagai pembeli yang smart kita harus bisa menjawab pertanyaan berikut :

"Bagaimana cara membedakan jaket kulit asli dengan yang imitasi?"

Berikut akan kami ulas, ciri jaket kulit ori dan kw beserta tips mudah dalam membedakannya :)

    1. Cek Harga
Faktor harga bisa menjadi salah satu cara membedakan jaket kulit asli atau sintetis. Jika harga yang ditawarkan terlampau murah hingga jauh dibawah pasaran, kita perlu curiga dengan keaslian produk tersebut. Sebagai informasi rate harga jaket kulit asli dipasaran saat ini berkisar di angka 1 jutaan. Sobat juga bisa melakukan riset harga sendiri dengan bertanya pada beberapa pengerajin jaket kulit lokal
Baca selengkapnya : Harga Jaket Kulit

    2. Raba Tekstur Kulit
Salah satu ciri jaket kulit asli adalah tekstur permukaan kulitnya yang khas dan terasa lembut ketika diraba. Sebaliknya jika terasa licin dan sedikt kesat seperti plastik bisa dipastikan jaket terbuat dari bahan sintetis.

    3. Cek Tepi / Potongan Bahan
Periksa bagian tepi atau potongan bahan jaket anda. Disini akan terlihat bekas serat dan lapisan bahan, jika jaket anda terbuat dari semi kulit pasti bagian tepi ini akan terlihat sempurna tanpa cacat.

    4. Amati Pori-pori
Perbedaan jaket berbahan kulit asli dengan yang palsu juga bisa di lihat dari pattern di pori-porinya. Bahan sintetis punya pola yang konsisten di bentuk pori-porinya, berbeda dengan kulit asli yang polanya tidak konsisten. Hal ini sering terlihat jelas di bagian sambungan seperti area ketiak pada jaket kulit. Pengerajin kulit asli biasa menggunakan bagian kulit dari perut hewan untuk area ini.

    5. Tes Elastisitas
Umumnya jaket kulit asli tidak akan terasa terlalu lentur, hal ini karena proses tempa yang membuat ketebalan bahan kulit asli menjadi lebih tipis.

    6. Aroma
Kulit asli memiliki aroma yang khas yang tidak mungkin dapat direplikasi / ditiru oleh produk imitasi. Untuk mengenali bagaimana bau atau aroma jaket kulit yang asli ini anda tidak memerlukan latihan khusus, cukup bandingkan antara jaket kulit yang ori dan yang kw.

    7. Cek Ketebalan
Bahan jaket kulit sintetis akan sulit mencapai ketebalan 0.6mm-0.7mm. Ketebalan ini adalah standard yang dipakai untuk pembuatan jaket kulit asli. Jika telah terbiasa hanya dengan meraba ketabalannya saja bisa terlihat mana jaket yang asli dan mana yang tiruan.

    8. Terasa Hangat
Pengujian terbaik adalah dengan mencobanya. Jaket sintetis mungkin akan melindungi tubuh Anda dari cuaca dingin, namun tidak sebaik bahan kulit yang asli. Bandingkan keduanya dan dengan mudah akan diketahui mana yang terbuat dari kulit asli.

    9. Terasa Sejuk
Ciri paling membedakan antara bahan kulit sintetis dengan bahan jaket kulit asli adalah ketika digunakan disiang hari atau cuaca panas. Jaket kulit asli akan terasa sejuk, berbeda dengan bahan imitasi yang terasa panas/gerah.

    10. Awet
Setelah penggunaan lebih dari setahun biasanya akan langsung kelihatan, jaket sintetis memiliki daya tahan yang rendah, mudah pecah-pecah jika terpapar sinar matahari secara kontinyu.

    11. Tes Api
Panaskan jaket kesayangan dengan api, jangan terlalu lama agar tidak merusak lapisan catnya. Jika bolong atau kulitnya rusak sudah pasti bahan tersebut sintetis atau vinyl. Kulit original tidak mudah rusak terkena panas.

    12. Hasil Pembakaran
Ambil potongan contoh bahan, jika dibakar sampai hangus bahan kulit asli akan menjadi seperti abu, berbeda dengan jaket imitasi yang menjadi gumpalan seperti plastik yang terbakar.

Demikian tips mudah untuk mengecek keaslian bahan jaket kulit, Bantu bagikan bila Anda merasa bermanfaat ^^

Informasi lengkap seputar tips dan trik jaket kulit, jangan sungkan menghubungi kami :


Nomer HP/Line/WA : 087822033590
ADD Pin BBM : D6B161A2

Tips 12 Cara Membedakan Jaket Kulit Asli dan Palsu Tips 12 Cara Membedakan Jaket Kulit Asli dan Palsu Reviewed by Mas Ajay on 14.58 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.